Kamis, 13 Desember 2012

Hukum Ucapan “Selamat Ulang Tahun”



:: Hukum Ucapan “Selamat Ulang Tahun”
 
فضيلة الشيخ أعلم أن الاحتفال بعيد الميلاد حرام، ولكن ما حكم التهنئة بعيد الميلاد حيث في عيد ميلادي الأخير وصلتني تهاني من أهلي وفيها دعاء بالخير، فما حكم مثل هذه التهاني؟ جزاكم الله خيراً.

Wahai Syekh yang Mulia, saya tau kalau merayakan ‘ulang tahun’ diharamkan, tetapi bagaimanakah hukum ucapan ‘selamat ulang tahun’ itu sendiri, mengingat terakhir kali pada hari kelahiran, keluarga saya memberikan ucapan selamat dan doa kebaikan, apa hokum ucapan semacam ini, jazakumullahu khoiron.


فإن الأصل في دعاء المسلم لأخيه وتهنئته بما أعطاه الله من نعمة طول العمر وغيرها.. الأصل في هذا أنه أمر مفيد إذا خلا من أي مظهر احتفالي، ولكن عمله في وقت عيد ميلاد الشخص بمناسبة عيد ميلاده عادة دخيلة على المجتمع المسلم، وفيها تقليد للكفار وتشبه بهم، فعليك أن تنبه أهلك وأقاربك إلى الحكم الشرعي في المسألة عموماً، وأنك ترجو منهم الدعاء وتمني الخير لك دائماً، وألا يكون ذلك بهذه المناسبة المبتدعة.

Pada asalnya, doa muslim kepada saudaranya yang lain juga ucapan selamat atas nikmat yang Allah berikan berupa panjang umur dan selainnya adalah perkara yang bermanfaat, jika terhindar dari slogan perayaan. Ucapan selamat yang ‘sengaja’ diucapkan bertepatan dengan hari kelahiran seseorang merupakan tradisi yang dimasukkan ke dalam masyarakat muslim, mengekor budaya kafir dan menyerupai mereka. Wajib bagimu mengingatkan keluarga dan kerabat dekatmu akan hokum syar’I dalam masalah ini, mintalah dari mereka agar mendoakanmu kebaikan di setiap waktu, bukan mengkhususkan di hari kelahiran saja!

http://www.islamweb.net/fatwa/index.php?page=showfatwa&Option=FatwaId&Id=95903

Tidak ada komentar:

Posting Komentar